Dancing Red Rose

Review Konten Rumah Belajar: Ondel-ondel dan Perubahan Sosial

         Pada kesempatan ini saya akan mereview Konten Rumah Belajar Pustekkom Kemdikbud RI tentang Ondel-ondel dan Perubahan Sosial. Dengan didukung fasilitas Google Translate untuk Text To Speech (TTS) dan Speech To Text (STT) serta link YouTube diharapkan pemaparan ini mampu memenuhi kriteria tugas yang disyaratkan oeh VCT Batch V Wilayah Jateng-DIY Kabupaten Purworejo.

Berikut ulasan lengkap review Konten Rumah Belajar.

1. Ondel-ondel
    Materi Ondel-ondel ditulis oleh admin situs Rumah Belajar yang diterbitkan oleh Pustekkom Kemendikbud RI Tahun 2017.



        Keunggulan artikel Ondel-ondel tersebut adalah materinya padat, menceritakan secara lengkap tentang sejarah, karakteristik, cara pembuatan dan cara pementasannya. Dalam pemaparan konten, sudah dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik, data-data yang diperlukan sangat real dan bahasanya pun komunikatif.

          Kelemahan materinya yaitu ada beberapa tampilan bacaan yang paragrafnya belum diawali dengan baris yang menjorok. Hal ini terkadang menimbulkan kesalahapahaman bagi siswa yang membaca artikel tersebut karena siswa secara umum memahami bahwa sebuah paragraf biasanya diawali dengan paragraf yang menjorok.


2. Perubahan Sosial
Materi Perubahan Sosial ditulis oleh Fakhrudin Sujarwo, S.Sos. pada tanggal 11 November 2018.


          Keunggulan materi Perubahan Sosial yaitu cakupan yang luas, dalam arti sasaran pembacanya tidak sebatas pada usia anak-anak, namun lebih menuju pada usia dewasa atau umum. Penyampaian materi yang runtut secara kronologis dan disertai dengan gambar ilustrasi yang menunjang.
           Kelemahan yang ada pada materi Perubahan Sosial yaitu adanya penyampaian yang masih bersifat umum, belum disertai dengan contoh-contoh kasus yang nyata.

Pemaparan lebih lengkap menggunakan fasilitas Google Translate untuk Text To Speech (TTS) dan Speech To Text (STT) ada link YouTube berikut ini.












No comments:

Post a Comment