Dancing Red Rose

DAPATKAN KUOTA 30 GB GRATIS DARI GURU BERBAGI

Selama masa pandemi Covid-19, guru diharapkan bisa menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. Optimalisasi pembelajaran jarak jauh sangat bergantung pada kreativitas masing-masing guru dan sarana pendukung. Bagi guru yang tinggal di kawasan murah sinyal, pembelajaran jarak jauh tentu menjadi hal yang mudah dan mengasyikkan. Namun berbeda dengan guru yang tinggal di blank spot area, sinyal akan menjadi hal yang perlu diperjuangkan. 

Untuk melangsungkan pembelajaran daring, guru memerlukan sarana antara lain komputer/handphone dan jaringan internet. Bagi mereka yang menggunakan jaringan internet pribadi tentunya penggunaan data/kuota internet akan sangat terasa. Apalagi berselancar di video online dan streaming, pasti akan menguras kuota. Namun mau bagaimana lagi, pembelajaran daring harus tetap berlangsung. Apapun bentuk pembelajaran daringnya, setidaknya guru sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengisi pembelajaran bersama siswa di rumah.

Mengapresiasi kegiatan pembelajaran daring kepada guru selama masa pandemi Covid-19,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memberi Kuota gratis. Paket 30 GB bisa diperoleh guru yang melaksanakan pembelajaran daring dengan syarat antara lain:
- Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring.
- Melaksanakan pembelajaran daring.
- Membuat artikel yang berhubungan  RPP daring.
- Mencantumkan link yang jelas tentang pembelajaran daring yang telah dilaksanakan.
- Unggah RPP dan artikel ke Portal Guru Berbagi.

Bagi RPP dan artikel yang disetujui, akan diterbitkan di Portal Guru Berbagi dan Kuota 30 GB akan otomatis masuk pada nomor HP yang dicantumkan. Untuk masuk portal Guru Berbagi kita bisa menggunakan akun SIM PKB atau akun yang kita buat melalui halaman Login Portal Guru Berbagi.



Bukti nyata yang saya rasakan, alhamdulillah saya sudah mencoba dan berhasil. Sebagai contoh karya yang saya unggah, sahabat blogger bisa lihat di link berikut:
- Pembelajaran daring di sini
- RPP daring di sini
- Artikel di sini

Semoga program ini akan terus berlanjut dan bisa laksanakan oleh banyak guru di Indonesia. Salam

2 comments: