Dancing Red Rose

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAT) TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Khususnya kelas IV SD Negeri Semawung, Penilaian Akhir Semeter (PAT) dilksanakan tahun ini dengan model semi daring. Teknik semi daring ini maksudnya yaitu soal dalam bentuk hard copy (kertas), sedangkan cara menjawabnya menggunakan Google Form. Tujuan teknik ini adalah untuk pemerataan. Bagi anak yang mampu mengerjakan secara online dipersilakan mengerjakan melalui link yang disediakan. Sedangkan siswa yang terbatas alat maupun teknis lainnya, dipersilakan mengerjakan menggunakan lembar jawab kertas tersendiri.

Pembuatan Penilaian Akhir Semeter (PAT) yang mandiri oleh guru kelas memungkinkan kreativitas penyusunan soal yang disesuaikan dengan kemampuan anak didiknya. Hal ini didasarkan pada pola pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelum maupun selama masa pandemi Covid-19. Jika pada masa sebelum pandemi pembelajaran bisa full dengan materi sesuai Kompetensi Dasar, pada masa pandemi ini penyesuaian KD sangat terasa. Materi matematika misalnya, ada beberapa materi yang belum bisa disampaikan secara tuntas. Hal ini tentu tidak bisa dengan serta merta menjadi bahan penyalahan terhadap pihak tertentu. Keterbatasan sarana dan kendala-kendala lain yang terjadi perlu menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan soal. Untuk itu pemadatan maupun perubahan bentuk soal perlu diadakan untuk mengatasi kebosanan bagi anak selama proses belajar di rumah.

Berikut ini link soal link yang bisa di klik untuk mengerjakan Penilaian Akhir Semeter (PAT).
1. Tema 6
3. Tema 8
4. Tema 9

Ucapan terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya pembelajaran daring. Semoga bisa kita memetik hikmah masa pandemi yang mengharuskan kita membuat pola pembelajaran yang berbeda ini.

Salam

No comments:

Post a Comment