Dancing Red Rose

PENINGKATAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SEJAK DINI

Dunia anak adalah dunia bermain. Ini tentu sudah menjadi keniscayaan. Anak tidak bisa lepas dari hal kebiasaan yang menyenangkan. Hari-hari selalu diisi dengan kegiatan bermain.
Sebagai anak sekolah, anak tentu punya waktu yang tidak sepenuhnya untuk bermain. Dalam pelaksanaannya, kegiatan sekolah adalah kegiatan untuk meningkatkan kemampuannya. Baik kemampuan yang bersifat akademik, kreativitas maupun moral keagamaan. Orang tua tentu sudah mempunyai harapan-harapan yang ditumpukan kepada putra-putrinya. Setidaknya, ada rasa tanggung jawab yang mendasari kehidupannya di masa yang akan datang.
Sejalan dengan kegiatan pembiasaan, banyak jalan yang bisa ditempuh. Orang tua bisa mengisi waktu luang untuk mengajak putra-putrinya ikut andil dalam kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini kegiatan yang berupa latihan memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan. Bukan bermaksud terlalu membebani anak, namun setidaknya anak tahu. Bahwa hidup tidak sekedar untuk bermain. Hidup tidak sekedar untuk menjalani hari-hari bersama keluarga.
Banyak hal menyenangkan namun tetap bisa mengacu pada pola pembiasaan. Misalnya pada hari Minggu. Anak bisa diikutkan dalam kegiatan kebersihan rumah. Anak bisa melaksanakan kegiatan bercocok tanam ataupun kegiatan lain yang mewujudkan kebersamaan. 
Banyak sisi positif yang bisa dirasakan dengan adanya kegiatan pembiasaan. Misalnya anak bisa merasakan bahwa hidup penuh kebersamaan menjadi hal yang ingin dirasakan. Hal ini terbukti bahwa tidak jarang anak merasa kesepian karena kurang perhatian dari anggota keluarga. 
Di sisi lain, adanya kegiatan pembiasaan, anak memapu menggali kemampuan yang dimilikinya. Mereka bisa berekspresi. Terkadang banyak ide yang belum tersalurkan. 
Adanya gadget yang makin digemari anak, harusnya bukan menjadi kendala bagi orang tua untuk tetap menjaga kepribadian anak. Dengan pendampingan yang seimbang dan pemilihan materi yang sesuai dengan usia, niscaya menjadi lebih membangun karakter anak. Orang tua bisa memilih materi yang dan dipraktikkan saat waktu-waktu luang. Ini adalah contoh pola pembiasaan sederhana yang bisa dibangun.

   

Salam

No comments:

Post a Comment